Konsumsi Makanan Ini Untuk Atasi Penyakit Diabetes

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO, jumlah penderita dibetes militus di dunia mencapai 475 juta jiwa. Dari jumlah itu Indonesia menyumbang 15,1 juta jiwa dan itu diprediksi akan terus bertambah. Dengan jumlah tersebut Indonesia menempati peringkat ke 6 di dunia dalam hal jumlah penderita.

Penyakit Diabetes secara umumnya disebabkan oleh hormon insulin yang rendah. Efek yang ditimbulkan adalah terjadinya meningkatnya kadar gula dalam darah. Penelitian mengatakan bahwa penderita diabetes pada umumnya akan sering merasakan lapar, haus secara berlebihan dan sering melakukan buang air kecil. Jika terus diabaikan dan tidak melakukan perawatan, maka hal tersebut dapat menghancurkan jaringan-jaringan sel tubuh.

Diabetes
Diabetes dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang sehat.

Tak hanya itu, biasanya diabetes bisa saja terjadi kepada orang yang bebadan gemuk. Pola hidup yang tidak lazim dan sering bermalas-malasan biasanya menjadi penyebab utama. Meski kebanyakan menyerang orang dewasa, namun sekarang penyakit diabetes sering ditemukan juga pada anak-anak.

Lantas bagaimana agar kita dapat terhindar dari penyakit diabetes ? Ok untuk mengatasinya, alangkah baiknya kamu untuk coba mengkonsumsi makanan-makanan sehat berikut ini :

Cokelat hitam

Dalam berbagai kasus diabetes, Cokelat hitam diyakini dapat membantu mengendalikan diabetes karena bisa menurunkan tekanan darah dari penderita penyakit diabetes. Semakin tinggi kandungan kokoa, semakin sedikit juga kandungan gula yang terdapat didalamnya.

Tak cuma itu, Coklat hitam juga terdapat kandungan anti oksidan yang sangat sehat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, cokelat hitam juga dapat meminimalisir terbentuknya resistansi insulin.

Hal ini menjadi sinyal baik untuk tubuh dari para penderita diabetes. Tak hanya itu, Penderita penyakit diabetes tentu saja bisa mengkonsumsi cokelat hitam dengan jumlah sedikit perhari.

Ikan

Tak cuma buah-buahan untuk mengatasi serangan diabetes, Ikan juga dapat mencegah terjadinya diabetes. Jenis-jenis ikan yang mengandung lemak yang sehat seperti makarel, salmon, sarden, dan tuna sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Ikan mempunyai kadar protein baik yang membuat kita terhindar dari penyakit diabetes.

Sangat dianjurkan untuk tidak mengolah ikan-ikan tersebut dengan cara digoreng, karena akan merusak kandungan sel yang baik dari ikan-ikan tersebut, Tapi dengan catatan penyajiannya adalah dengan cara membakar, pepes ikan, dan dibuat sup.

Buah berry

Buah berry merupakan salah satu buah dengan kadar gula yang rendah. Mengkonsumsi buah berry merupakan tindakan yang bagus bagi penderita diabetes, sebab ketika gula dan serat buah berry dikonsumsi secara bersamaan, maka kandungan gula dan serat tersebut tidak akan mengakibatkan gula darah naik.

Tak cuma itu, buah berry mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan serta dapat meningkatkan kadar insulin. Untuk itu kadar glukosa dalam tubuh akan selalu terkontrol dengan baik.

Alpukat

Buah Alpukat sangat enak dan sehat untuk di nikmati dengan membuat jus, Tak cuma itu, selain rasanya yang enak untuk di minum, ternyata buah alpukat ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit diabetes.

Apel

Apel memiliki serat dan kandungan nutrisi yang tinggi, Mengkonsumsi apel secara rutin tentu saja tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Buah apel dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, hal tersebut sangat efektif untuk mengatasi serangan diaetes.

Brokoli

Selain untuk pengobatan penyakit jantung, Sayur Brokoli juga dapat mencegah penyakit diabetes. Kandungan yang terdapat di sayur brokoli juga bisa menyusun kadar glukosa.

Biji bunga matahari

Menurut beberapa ahli yang mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi 1 ons biji bunga matahari setiap harinya dapat meminimalisir kadar gula darah sekitar 10 persen dalam jangka waktu enam bulan.

Sifat asam klorogenat yang ada di senyawa tanaman dapat menurunkan gula darah dari biji bunga matahari ini.

Menurut para ahli penelitian yang mengatakan bahwa biji bunga matahari mengandung karbohidrat dan omega 3. Dengan mengkonsumsi biji bunga matahari, maka kadar gula dalam darah akan selalu seimbang.

Teh

Teh merupakan minuman yang sehat untuk kebutuhan tubuh manusia, Alangkah baiknya jika kita membuat Teh dengan campuran gula yang sedikit, sebab teh adalah antioksidan yang baik untuk mencegah diabetes.

Bayam

Untuk siapa saja yang terkena penyakit diabetes, dengan mengkonsumsi bayam menjadi pilihan yang terbaik untuk penderita diabetes karena sayur bayam memiliki kadar rendah gula. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam sayur bayam dapat mencegah stres oksidatif yang dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh.

Disaat penderita diabetes tersebut mengkonsumsi sayur bayam, sensitivitas insulin penderita diabetes akan naik.

Kale

Kale merupakan sayuran yang dapat dikatakan paling sehat di dunia. Sayuran kale memiliki karbohidrat rendah agar dapat mengurangi resiko penderita diabetes dan meningkatkan insulin untuk penyakit diabetes.

0 Response to "Konsumsi Makanan Ini Untuk Atasi Penyakit Diabetes"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan dimoderasi dan dihapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel