Cara Pasang Anti Copas di Blogger Untuk Perlindungan Artikel

Dalam sebuah blog atau website yang berisi artikel berkualitas, pasti semua itu dilakukan dengan ide dan waktu yang panjang. Ketika kamu menulis dan mempublikasikan artikel yang ori dan tidak copy paste, dapat dipastikan bahwa kamu sangat berharap agar hasil yang diperoleh begitu memuaskan. Terlepas dari banyaknya ide-ide yang dirancang, memakan waktu yang cukup lama ataupun menguras tenaga dan pikiran.

Cara Memasang Anti Copas (Copas)
Cara Memasang Anti Copas di Blog.

Disaat artikel blog kamu muncul di halaman pertama atau dengan istilah page one dan mulai menghasilkan trafik pada mesin pencari, secara tidak sengaja kamu juga menemukan sebuah blog yang berisi artikel serupa seperti pada blog kamu. Mulai dari judul, gambar postingan, struktur kata pada paragraf artikel yang membuat kamu bingung bagaimana itu bisa terjadi.

Ternyata masalah tersebut dapat kita pastikan bahwa artikel dari blog kita di copas atau copy paste oleh blog lain yang tidak bertanggung jawab. Jika kamu merasa dirugikan oleh tindakan copy paste artikel tersebut, kamu pasti mencari cara untuk memasang anti copy paste (Copas) agar masalah itu tidak terjadi lagi bukan ? Ok, simak saja penjelasan cara pasang script anti copas blog.

Cara Pasang Copy Paste blog ini dikhususkan bagi pengguna Blogger atau Blogspot dan tidak pada berlaku untuk WordPress. Disini kita memasang script anti copas menggunakan berbagai metode seperti JavaScript dan CSS untuk melindungi copy paste artikel di blog kamu.

Memasang Anti Copas ini terdapat beberapa metode, diantaranya yaitu :

1. Easy (memunculkan peringatan untuk tukang copas).
2. Medium (menonaktifkan klik kanan pada mouse, select text, CTRL+C , akan tetapi artikel tetap bisa di copas dengan menggunakan fitur penonaktifan kode javascript di browser).
3. Expert, metode ini sangat susah dilakukan oleh tukang copy paste artikel untuk copy paste artikel kamu. Sebab, semua perintah kode pada situs  kita menggunakan Script Anti Copas yang terbaik dan saat ini belum ditemukan cara bagi tukang copas untuk mencuri artikel blog kamu.

Lakukan langkah-langkah memasang Script Anti Copas (Copy Paste) dengan cara seperti berikut :

1. Menonaktifkan fitur klik kanan pada mouse menggunakan JavaScript

Hal ini bertujuan agar si tukang copas melihat peringatan di artikel kamu dengan memunculkan pesan dari kode javascript. Akan tetapi, ini hanya sebuah peringatan agar mereka tidak copy paste dan mencantumkan sumber dari blog kamu. Mereka masih dapat melakukan Select Text dan CTRL+C.


  • Pertama kamu harus login blogger, lalu klik Layout atau Tata Letak
  • Pilih Add Gadget. Untuk letak gadget, itu silahkan kamu sesuaikan dimana saja, Header, Sidebar, Footer itu tidak masalah.
  • Lalu pilih HTML/JavaScript. Beri judul yang kamu inginkan dan paste kode berikut di kotak HTML/JavaScript tersebut :


<script> var message="Halo pengunjung yang baik! Tidak ada sebuah keberhasilan datang secara instan, semua artikel di situs ini di tulis dengan waktu dan ide yang panjang!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

4. Terakhir Simpan !

Keterangan : Silahkan kamu ganti kata peringatan copas tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara ini bukan berarti berarti artikel kamu tidak bisa kena copas lagi, ini hanya menampilkan peringatan untuk tukang copy paste agar segera memberikan sumber jika akan melakukan copy paste blog.

2. Menonaktifkan Select Text dan CTRL+C  menggunakan JavaScript

Script anti copas ini sudah dipastikan agar tukang copas tidak dapat melakukan Select Text dan CTRL+C lagi di artikel blog kamu. Akan tetapi, tukang copas masih bisa untuk copas artikel kamu dengan menggunakan perintah Print atau cetak (CTRL+P).

Cara pemasangan script anti copas ini sama seperti langkah 1 :

<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselectdocument.onclick=reEnable
}
</script>

3. Menonaktifkan Perintah CTRL+P pada artikel menggunakan CSS

Script Anti Copas ketiga ini memiliki fungsi untuk menyembunyikan text pada postingan disaat-saat tukang copy paste artikel melakukan CTRL+P. Alhasil halaman menjadi blank saat di print dan tentu saja artikel tidak bisa di Copas ataupun di Select Text.

1. Masuk Blogger > Template > Edit HTML.
2. Cari kode </body> dan Paste kode berikut tepat diatas </body>

<style type="text/css" media="print">
    * { display: none; }
</style>

3. Simpan dan lihat perbedaannya !

4. Bagaimana cara agar Script Anti Copas berfungsi pada bagian tertentu saja? 

Agar Script Anti Copas tidak berfungsi pada Blockquote, Code atau lainnya.

Silahkan kamu copy dan paste kode berikut tepat diatas </head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
.post-body {-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;padding:0 0 10px 0;margin:0 0 10px 0;line-height:21px;}
.post-body img{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;pointer-events:none;background:#fdfdfd;height:auto;max-width:100%;border:0;margin-bottom:2.0px;box-shadow:0 0 0 1px rgba(0,0,0,0.03);opacity:1;transition:all .6s ease;}
.post_body p, .post blockquote,.post pre,.post code {-webkit-touch-callout:text;-khtml-user-select:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;}
</style>
</b:if>

Pada setiap Template blog memiliki struktur kode yang berbeda, Jika terjadi error atau tidak dapat menyimpan Template, silahkan kamu hapus kode tadi dan coba lagi menggunakan Script Anti Copas berikut.

Cari kode ]]></b:skin> dan paste Script Anti Copas berikut tepat diatas ]]></b:skin>

.post 
{ 
-webkit-touch-callout:none; 
-webkit-user-select:none; 
-khtml-user-select:none; 
-ms-user-select:none; 
-moz-user-select:none; 
} 
.post blockquote,.post pre,.post code 
{
-webkit-touch-callout:text; 
-webkit-user-select:text; 
-khtml-user-select:text; 
-ms-user-select:text; 
-moz-user-select:text; 
}

Apakah artikel kamu masih bisa terkena copas konten? Gunakan Script Anti Copas ampuh ini.

1. Cari kode </head> dan paste kode javascript berikut tepat sebelum </head>

<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >

Berikutnya silahkan simpan. Masih bisa copas ? Tenang, Gunakan lagi kode berikut !

2. Cari lagi kode <body> atau <body expr:class='data:blog.pageType'>

Ganti kode <body> atau <body expr:class='data:blog.pageType'> dengan kode berikut :

<body expr:class='data:blog.pageType' oncontextmenu='return false;' ondragstart='return false' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

Klik simpan tema dan bedakan hasil tersebut dengan sebelumnya.

Nah itulah Cara Pasang Anti Copas di Blogger Untuk Perlindungan Artikel. Jangan lupa share dan bookmark artikel ini. Jika ada pertanyaan atau mengalami dalam penerapan, silahkan berkomentar. Terimakasih

0 Response to "Cara Pasang Anti Copas di Blogger Untuk Perlindungan Artikel"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan dimoderasi dan dihapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel